Manfaat Merajut Bagi Kesehatan

Merajut adalah kegiatan yang menyenangkan untuk sebagian orang yang menyukai tantangan menyulap beberapa gulung benang menjadi baju,syal, tas, aksesoris, taplak, sarung bantal dan sebagainya.
Tetapi bila dilihat dari sisi manfaatnya ternyata banyak juga, lho. Dan ternyata ada beberapa penelitian yang sudah dilakukan.
Apa saja,ya ?

Mari kita catat satu persatu manfaat kegiatan merajut.

1. Meningkatkan kemampuan kognitif
    Pengertian kognitif adalah semua kegiatan mental yang membuat suatu individu mampu menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu peristiwa, sebagai akibatnya individu tersebut menerima pengetahuan setelahnya.

kognitif/kog·ni·tif/ a 1 berhubungan dengan atau melibatkan kognisi; 2 berdasar kepada pengetahuan faktual yang empiris ( https://kbbi.web.id/kognitif )

Keterampilan kognitif yang paling utama, yaitu : membaca, belajar, mengingat, penalaran logis, dan memperhatikan

Kegiatan merajut bisa mengasah daya ingat, contohnya adalah ketika menghitung jumlah stitch yang sedang dibuat. Dengan berlatih seperti ini, bisa terhindar dari gejala demensia di masa depan.

Selain itu juga melatih terus berpikir dan fokus, sehingga membantu melatih kemampuan otak dan meningkatkan kecerdasan

2. Meredakan cemas atau stres
    Dengan membuat sebuah project rajutan, bisa mengalihkan rasa cemas ataupun perasaan depresi/ stres

Ada penelitian yang dilakukan oleh Knit for Peace (2009) 86% responden merasakan aura positif dari ikut serta merajut yang mampu membantu mereka menjadi relaks. 30% yang lainnya  mengklaim bahwa kegiatan ini dapat membantu mereka mengurangi rasa depresi, cemas dan tekanan darah menjadi normal.

Salah satu teknik relaksasi dan meditasi yang bisa dilakukan adalah merajut, karena saat seseorang merajut, orang tersebut sedang melatih otak kiri dan kanan secara bersamaan dengan melakukan suatu gerakan yang sama berulang-ulang (Herbert Benson dalam Maharrani, 2018)

3. Melatih Kreativitas
    Kreativitas itu bukan semata-mata karena memang sudah dari sananya kreatif, tetapi buat siapapun itu bisa melatih diri sendiri untuk menjadi kreatif, ya seperti memberi tantangan kepada diri sendiri untuk membuat atau mempelajari hal baru. 
Misalnya dengan membuat model tas yang sedang kekinian, konversi dari tas kulit menjadi tas rajut dengan bentuk yg mirip dengan tas kulit .

4. Meningkatkan Konsentrasi
    Mengapa merajut bisa meningkatkan konsentrasi?..... ya , karena pola-pola rajutan terkadang susah untuk diwujudkan menjadi sebuah karya, merajut melatih untuk berkonsentrasi memecahkan teka-teki 



Sumber :

Maharrani, 2018, Merajut menyehatkan pikiran dan tubuh https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/merajut,menyehatkan-pikiran-dan tubuh, diakses pada tanggal 2 januari 2019, pukul 22:00 WIB

Knit For Peace, 2009, The Health Benefits of Knitting

Pete, 2014, Manfaat Merajut Bagi Kesehatan Fisik dan Mental http://www.kembangpete.com /2014/03/12/manfaat-merajut,bagi-kesehatan-fisik-dan mental/ diakses pada tanggal 30 Januari 2019, pukul 21:00 WIB

Thata Pang dan Dinamic Crochet, 2012. Pernak-pernik Rajutan, Jakarta: Kriya Pustaka







https://www.fimela.com/lifestyle/read/5363998/5-manfaat-memiliki-hobi-merajut-bisa-lebih-fokus-dan-konsentrasi#:~:text=Aktivitas%20merajut%20dapat%20membantu%20mengurangi,kesehatan%20otak%20seiring%20bertambahnya%20usia.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Membuat Handle Tas Kulit Sintetis

Paket Meronce